Senin, 28 Desember 2009

Asal Usul Propolis


Lebah telah ada selama 4.500 juta tahun, lebah merupakan raja dari 8 juta jenis serangga didunia.

Propolis merupakan suatu komponen yang melindungi lebah dari virus dan bakteri. Para lebah mengumpulkan komponen-komponen propolis dari berbagai jenis bunga, tumbuh-tumbuhan yang dicampur dengan air liur lebah dan lilin yang dibuat lebah saat lebah membuat sarangnya.

Diperkirakan 20.000 lebah madu diperlukan untuk mendapatkan 20gr propolis setiap tahunnya, sebagai hasilnya campuran resin (getah) 50% -70% , minyak essensial 10% , pollen (serbuk bunga) 5% , lilin lebah 30% -50% , berbagai mineral, acid amino dan bioflavonoid menjadi antibiotik alamiah bebas racun yang efektif melawan segala jenis bakteri, mikroba, virus dan ulat tanpa efek samping.

Propolis dalam bahasa Yunani berarti pertahanan kota terdepan. Lebah juga memakai propolis sebagai perlindungan diri dan sarangnya dari berbagai perubahan cuaca ( dingin, hujan, panas, lembab) serta serangan dari musuh-musuhnya. Jika terdapat predator yang mati didalam sarang lebah maka lapisan propolis akan menjaga sarangnya tetap steril dari virus, bakteri dan jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar